L♥Ve'a

giVe oTherS iN oUr LifE

Penyitaan Penyu-penyu di Gianyar April 19, 2010

Filed under: Penyu — loveabi @ 9:56 am

Sementara itu pada tanggal 29 Mei 2001 Kepolisian Resort Gianyar, Bali berhasil menggagalkan usaha pengiriman 25 ekor penyu asal Tanjung Benoa. Semula penyu tersebut akan dikirim ke Ketewel Gianyar dengan menggunakan mobil bernomer DK 9484 DY, namun tanpa sengaja tertangkap polisi ketika polisi sedang melakukan operasi razia kendaraan bermotor. Penyu-penyu yang kesemuanya jenis penyu hijau tersebut adalah milik Rastha, salah seorang pemilik penampungan penyu di Tanjung Benoa.

Penyitaan 25 ekor penyu tersebut memicu protes dari Bendesa Adat Tanjung Benoa. Belasan orang datang ke kantor POLRES Gianyar untuk meminta agar penyu-penyu tersebut diserahkan ke mereka dengan alasan bahwa penyu-penyu tersebut akan digunakan untuk kepentingan adat. Pihak POLRES Gianyar yang juga didukung oleh ProFauna, menolak mengabulkan permintaan tersebut. Pihak kepolisian telah berjanji akan tetap memproses kasus pengiriman penyu illegal tersebut sampai tuntas.

Setelah diambil satu ekor sebagai barang bukti, penyu-penyu yang lain selanjutnya dilepas di Pantai Lebih Gianyar. Pelepasan penyu ini melibatkan Kepolisian Resort Giannyar, petugas KSDA, Bendesa Adat Gianyar dan didukung sepenuhnya oleh ProFauna Indonesia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s