L♥Ve'a

giVe oTherS iN oUr LifE

Cerobong Alam Laut Terdalam April 19, 2010

Filed under: Dasar Laut — loveabi @ 11:07 am

Di dasar Laut Karibia, baru-baru ini ditemukan sejumlah cerobong udara panas di kedalaman 3,1 mil bawah laut. Ini merupakan sebuah temuan yang terdalam.
Live Science, Senin (12/4) menulis, cerobong-cerobong panas yang biasa disebut Black Smoker ini merupakan lubang angin hidrotermal yang memuntahkan besi sulfida berwarna hitam dan terletak di kedalaman 5 kilometer di Palung Cayman di Karibia.
Sebaliknya, White Smoker adalah lubang angin yang lebih dingin dan lebih banyak mengandung komponen yang membuat warnanya menjadi putih. Sejauh ini lubang angin laut terdalam yang pernah ditelusuri adalah yang sedalam 2,6 mil (4,2 km) di bawah laut. Lubang angin pertama ditemukan pada tahun 1977 di Patahan Galapagos, lepas pantai Ekuador.
Temuan ini berhasil diabadikan oleh alat kendaraan jarak jauh dan bawah laut HyBIS yang dipimpin oleh pakar geologi Bramley Murton dari National Oceanography Center (NOC) dari Southhampton.
Seperti penemuan sebelumnya, lubang angin kebanyakan ditemukan di sepanjang punggung Mid-Ocean yang merupakan rantaian pegunungan yang mengelilingi bumi.  Lempeng bumi raksasa sering bergerak terpisah untuk menciptakan retakan di mana lava dapat membuat celah untuk mengalir ke permukaan.
Sebagai tambahan, untuk menjelajahi dasar laut Palung Cayman, kenderaan HyBIS dibantu dengan robot kapal selam yang disebut Autosub6000. Rencananya, penjelajahan akan dilanjutkan untuk meneliti kehidupan laut dan organisme di sana

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s