L♥Ve'a

giVe oTherS iN oUr LifE

460 Titik Harta Karun Ditemukan di Dasar Laut Indonesia April 19, 2010

Filed under: Dasar Laut — loveabi @ 11:02 am

ndonesia memiliki 460 titik situs harta karun peninggalan masa lampau yang tersimpan di bawah permukaan laut. Sebagian besar belum diangkat di bawah reruntuhan kapal-kapal dagang kolonial abad lampau.

SURYA HELMI Direktur Peninggalan Arkeologi Bawah Air Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pada suarasurabaya.net, Kamis (15/04) mengatakan titik-titik itu terdeteksi lewat penelusuran dokumen sejarah yang ada.

“Bisa jadi lebih banyak lagi karena UNESCO sendiri mencatat ada 3 juta situs peninggalan arkeologi di bawah laut dimana 10%nya ada di Indonesia. Artinya, bisa jadi ada 300 ribu situs harta karun di negeri kita,” kata dia.

Situs harta karun itu tersebar di sepanjang jalur perdagangan mulai Selat Malaka, Laut Jawa, Selat Madura, sampai ke perairan Maluku.

Berapa nilai harta karun yang terbenam di dasar laut Indonesia, SURYA belum bisa memastikannya karena belum pernah dilakukan penaksiran. Tapi dari hasil pengangkutan harta karun resmi yang dilakukan sekitar 20 kali sepanjang sejarah RI, kata dia, belum pernah sekalipun dijual.

“Secara tidak resmi memang pernah, seperti yang dilakukan MICHAEL HATCHER seorang pemburu harta karun dari Australia yang mengangkat harta karun di perairan Riau. Dia menjual 240 batang emas dan keramik kuno di Balai Lelang Jerman.

Baru pada 5 Mei mendatang, kata SURYA, akan dilakukan lelang harta karun yang diangkat dari perairan Cirebon, peninggalan abad 9 berupa keramik, stempel, emas dari 5 dinasti China. “Total ada 240 ribu item barang yang nilainya mencapai Rp1 triliun,” kata SURYA.

Peninggalan bersejarah ini, kata SURYA, juga sudah disortir dimana seribu item sudah ‘diamankan’ untuk masuk koleksi nasional.(edy)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s